<$BlogRSDUrl$>
ini untuk banner blogger
  tempatkita       tempatku  
   
 
     
 

Tuesday, July 01, 2003

:: temuan ::

Dilema Pengambilan Keputusan

Sekelompok anak kecil sedang bermain di dekat dua jalur kereta api. Jalur yang pertama adalah jalur aktif (masih sering dilewati KA), sementara jalur kedua sudah tidak aktif. Hanya seorang anak yang bermain di jalur yang tidak aktif (tidak pernah lagi dilewati KA), sementara lainnya Bermain di jalur KA yang masih aktif.

Tiba-tiba terlihat ada kereta api yang mendekat dengan kecepatan tinggi. Kebetulan anda berada di depan panel pengendali persimpangan yang mengatur arah KA tersebut. Apakah anda akan memindahkan arah KA tersebut ke jalur yang sudah tidak aktif dan menyelamatkan sebagian besar anak kecil yang sedang bermain? Namun hal ini berarti anda mengorbankan seorang anak yang sedang bermain di jalur KA yang tidak aktif. Atau anda akan membiarkan kereta tersebut tetap berada di jalur yang seharusnya?

Sebagian besar orang akan memilih untuk memindahkan arah kereta dan hanya mengorbankan jiwa seorang anak. Namun sadarkah anda bahwa anak yang memilih untuk bermain di jalur KA yang sudah tidak aktif, berada di pihak yang benar karena telah memilih untuk bermain di tempat yang aman? Disamping itu, dia harus dikorbankan justru karena kecerobohan teman-temannya yang bermain di tempat berbahaya.

Dilema semacam ini terjadi di sekitar kita setiap hari. Pihak minoritas harus dikorbankan demi kepentingan mayoritas. Tidak peduli betapa bodoh dan cerobohnya pihak mayoritas tersebut. Nyawa seorang anak yang memilih untuk tidak bermain bersama teman-temannya di jalur KA yang berbahaya telah dikesampingkan. Dan bahkan mungkin kita tidak akan menyesalkan kejadian tersebut.

Seorang teman yang men-forward cerita ini berpendapat bahwa dia tidak akan mengubah arah laju kereta karena dia percaya anak-anak yang bermain di jalur KA yang masih aktif sangat sadar bahwa jalur tersebut masih aktif. Akibatnya mereka akan segera lari ketika mendengar suara kereta mendekat. Jika arah laju kereta diubah ke jalur yang tidak aktif maka seorang anak yang sedang bermain di jalur tersebut pasti akan tewas karena dia tidak pernah berpikir bahwa kereta akan menuju jalur tersebut.

Di samping itu, alasan sebuah jalur KA dinon-aktifkan kemungkinan karena jalur tersebut sudah tidak aman. Bila arah laju kereta diubah ke jalur yang tidak aktif maka kita telah membahayakan nyawa seluruh penumpang di dalam kereta. Dan mungkin langkah yang telah ditempuh untuk menyelamatkan sekumpulan anak dengan mengorbankan seorang anak, akan bertambah lagi dengan mengorbankan ratusan nyawa penumpang di kereta tersebut.

Kita harus sadar bahwa HIDUP penuh dengan keputusan sulit yang harus dibuat. Dan mungkin kita tidak akan menyadari bahwa sebuah keputusan yang cepat tidak selalu menjadi keputusan yang benar.

Ingatlah bahwa sesuatu yang benar tidak selalu populer dan sesuatu yang populer tidak selalu benar

:: Today Thanks ::

Tuk Netta: hello non-conformist people :) jangan kapok yaa main ke tempatku lagi...

Tuk Didiet: THX Dolby Stereo dech... btw, gw lagi 'undercover' nih... ssst

Tuk Anggie: Hai angsa cantique... terima kasih sudah 'berenang' di tempatku :) bulumu halus dech :p

Tuk Brandy: (1st) ho-oh, tau aja :( eh... namamu kan judul minuman beralkohol, makanya kupanggil kaya' gitu :p (2nd) wait a minute, emang sini boleh liat kalo situ cewe? ^_^V (3rd) mmm, sudah lupa tuh :p maap deh kalo gw nulis kaya' orang mabok... mungkin karena 'aroma brandy' ngkali yeee?

Tuk thomas: yeah, taggy tempatku memang sengaja ditaro' di bawah... seperti letak penny dan peggy... hiiiiy :p

Tuk enils: iyaa... jangan kapok ya main ke tempatku :)

Tuk udhien: hehehe, emang iya ca'... biar 'unique' geto :D

Tuk Lala: hai Lala... tempatku belum tentu, tidak sama, dan bukan berarti tempatmu yaa... hehehe, becanda kok... 'lam kompak yaa :)

Tuk bupunsu: yupe... pengunjungnya (terutama yg female) kaya'nya sih udah pasti ca'em, kontennya... aduuh makasiih :) btw sebenernya gw nge-blog jg krn elo dan elo pd bikin blog... tauu ^_^V tapi sekarang jadi tambah termotivasi karena dia satu, dia dua, dan dia tiga... huehehehe

Tuk mia: yes, wait a moment please... btw who is speaking? :D

Tuk inna: hehehe... letaknya di bawah tuh biar enak pas masukinnya (maksudnya masukin komentar)... uuuuh, jadi malu sayah :|

Tuk renha: pertanyaan, dibacanya ren-ha apa re-nha seh? hehehe

Tuk x girl: aduuuh, kamu membuat hatiku bergelora lagi nih... setelah kau pernah nyaris merontokkan hatiku dengan senyuman manis terbaikmu... hiks... I'm not an actor I'm not a star, and I don't even have my own car... but I'm hoping someday you'll say that you will love me anyway... rha_k learn to blog :)

published by: RaKa Mardika @ 1.7.03

Berbagi rasa, berbagi suka, berbagi ide dan pengalaman

.: is this rha-k's webLOG? :.

Previous post: saatnyacurhat... :: temuan ::... Udah mulai dandan ;)... Masih Polos... Pre Born...

This page is powered by Blogger :)


 
     
 
  Mardi-k Lab. (contact) 1996-sekarang