<$BlogRSDUrl$>
ini untuk banner blogger
  tempatkita       tempatku  
   
 
     
 

Wednesday, November 10, 2004

sekolah itu bernama Ramadhan

Seringkali kita mencari sekolah mana yang terbagus di kota tempat kita tinggal. Seringkali pula kita merasa bangga bila kita ataupun anak kita dapat masuk ke sekolah favorit di kota tempat tinggal kita. Namun adakah jaminan dari sekolah-sekolah favorit dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yaitu menciptakan manusia yang sebenarnya manusia? Seringkali kita terperangah akan tingkah polah para lulusan sekolah ternama sangat tidak manusiawi.

Madrasah dalam bahasa arabnya yang berarti sekolah adalah tempat penempaan para siswanya agar siswanya mendapatkan pengetahuan/ilmu. Para siswanya diharapkan dapat mengaplikasikan keilmuan mereka di tengah masyarakat.

Seorang manusia diberi akal untuk berpikir dan untuk mengetahui apa-apa yang ada di alam ini. Tak kalah dengan akal, manusia pun dilengkapi dengan hati yang di dalamnya terdapat rasa. Dengan hati manusia dapat merasakan segala sesuatu baik rasa bahagia dan rasa sedih, rasa suka dan rasa suka, dan seluruh rasa yang ada di hati ini.

Ramadhan dibuat sebagai tanda cinta kasih Allah kepada hamba-Nya. Betapa tidak... Selama ramadhan manusia digembleng oleh Allah langsung... Aih ternyata bukan hanya Rasul-Nya yang mendapatkan pelajaran dari Tuhan langsung namun kita sebagai manusia biasa pun langsung diajarkan oleh Sang Maha Guru... Allah SWT. Di dalamnya kita dituntun untuk mengendalikan hati yang terkadang tidak terlalu baik entah itu kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Pelajaran pun tidak terhenti sebatas spiritual saja namun lihatlah bagaimana fisik kita (baca organ tubuh) pun dilatih mengenai ketahanan tubuh. Lambung yang senantiasa dikuras energinya sehingga semakin lama pertahanannya kendur, tapi di ramadhan ini dikurangi (diatur) bagaimana untuk mempertahankan diri, serta organ-organ lainnya. Otak sebagai pusat susunan saraf pun mendapat pengajaran yang tidak sedikit, karena para organ lainnya mengalami keteraturan maka otak pun secara langsung mengalami keteraturan. Dan ini secara langsung mempengaruhi akal pikiran manusia sehingga menjadi lebih teratur tidak sebagai panglima perang yang terkadang merasa lebih hebat dari yang lainnya.

Subhanallah... Betapa pengajaran yang diberikan mencakup seluruh kehidupan ini. Institusi pendidikan mana yang dapat memberikan semuanya seperti madrasah ramadhan? Ilmu yang didapat dari madrasah ramadhan pun tidak hanya terhenti di penghujung ramadhan saja tapi terus berkesinambungan sampai akhir hayat.

Akhirnya... Nikmat mana lagi yang kamu ingkari? Di madrasah ramadhan manusia mendapat pengajaran langsung dari sang Khalik... Di madrasah ramadhan manusia belajar mengenai banyak hal yang tak terhingga jumlahnya (entah berapa SKS yang harus diikuti...) Di madrasah ramadhan manusia dimuliakan... Di madrasah ramadhan Allah menunjukkan Kasih Sayang-Nya... Semoga kita dapat merasakan dan menyentuh langsung belaian dan peluk Kasih Sayang Allah... Aamiin......

Ramadhan 26, 1425 H at office
(karya seorang teman)

published by: RaKa Mardika @ 10.11.04

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

Berbagi rasa, berbagi suka, berbagi ide dan pengalaman

.: is this rha-k's webLOG? :.

Previous post: istri dambaan... Tak Perlu Ajari Kami Berpuasa... dia ditakdirkan bukan untukmu, kawan!... bukan dua kaki... my participation on ficn 2004... lelaki sejati... hidup baru... Manusia dan Cinta... I hate to feel to be foolished... Belanja Di Toko Kebahagiaan...

This page is powered by Blogger :)


 
     
 
  Mardi-k Lab. (contact) 1996-sekarang